Headlines

Kurikulum Sekolah Banjarbaru: Mengembangkan Potensi Siswa Secara Holistik – Artikel ini menjelaskan kurikulum yang diterapkan oleh Sekolah Banjarbaru, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa secara holistik melalui pendekatan pembelajaran yang komprehensif.


Kurikulum Sekolah Banjarbaru: Mengembangkan Potensi Siswa Secara Holistik

Sekolah Banjarbaru merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk mengembangkan potensi siswa secara holistik. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, sekolah ini menerapkan kurikulum yang dirancang secara komprehensif dan memperhatikan berbagai aspek perkembangan siswa.

Pendekatan pembelajaran yang komprehensif menjadi salah satu pondasi dalam kurikulum Sekolah Banjarbaru. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya fokus pada aspek akademik semata, tetapi juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi sosial, emosional, dan kreativitas mereka. Hal ini dianggap penting karena pendidikan yang holistik tidak hanya mencakup pengetahuan akademik, tetapi juga melibatkan pengembangan karakter dan keterampilan lainnya.

Salah satu aspek penting dalam kurikulum Sekolah Banjarbaru adalah pengembangan karakter siswa. Sekolah ini menyadari bahwa karakter yang kuat diperlukan untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan. Oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, seperti kegiatan sosial, lingkungan, dan kegiatan kepemimpinan, siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan nilai-nilai seperti tanggung jawab, kerjasama, kepemimpinan, dan integritas.

Selain itu, kurikulum Sekolah Banjarbaru juga menyediakan berbagai program pengembangan keterampilan siswa. Program ini meliputi pengembangan keterampilan komunikasi, keterampilan berpikir kritis, keterampilan problem solving, dan keterampilan kreativitas. Tujuan dari program ini adalah untuk melengkapi siswa dengan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi persaingan di dunia kerja yang semakin kompleks.

Referensi:
1. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kemendikbud. (2020). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Sudjana, N. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dengan menerapkan kurikulum yang komprehensif dan memperhatikan berbagai aspek perkembangan siswa, Sekolah Banjarbaru berkomitmen untuk mengembangkan potensi siswa secara holistik. Melalui pendekatan pembelajaran yang menyeluruh, pengembangan karakter, dan program pengembangan keterampilan, sekolah ini berusaha untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan masa depan.