Headlines

Kurikulum Sekolah Padang: Penekanan pada Pendidikan Karakter – Artikel ini menjelaskan tentang kurikulum yang diterapkan di Sekolah Padang, dengan penekanan pada pendidikan karakter bagi siswa. (Sumber: https://www.padangmedia.com/kurikulum-sekolah-padang-penekanan-pada-pendidikan-karakter/)


Kurikulum Sekolah Padang: Penekanan pada Pendidikan Karakter

Sekolah Padang merupakan salah satu sekolah yang memberikan penekanan yang kuat pada pendidikan karakter bagi siswa-siswinya. Hal ini terlihat dari kurikulum yang diterapkan di sekolah ini, yang dirancang khusus untuk membentuk karakter siswa agar menjadi individu yang berkualitas dan berakhlak mulia.

Menurut Kepala Sekolah Padang, Bapak Ahmad, pendidikan karakter merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pendidikan di sekolah. “Kami percaya bahwa pendidikan karakter merupakan pondasi yang kuat bagi perkembangan siswa secara holistik. Dengan memiliki karakter yang baik, siswa dapat menjadi pribadi yang sukses dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Kurikulum di Sekolah Padang dirancang sedemikian rupa untuk memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan. Misalnya, dalam pelajaran matematika, siswa tidak hanya diajarkan rumus-rumus dan teknik perhitungan, tetapi juga diajarkan untuk memiliki sikap jujur dan teliti dalam menyelesaikan soal-soal matematika.

Selain itu, sekolah ini juga mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa. Mulai dari kegiatan sosial, olahraga, seni, hingga kegiatan keagamaan, semua dirancang untuk membentuk karakter siswa secara menyeluruh.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Padang, kurikulum yang menekankan pada pendidikan karakter ini telah memberikan dampak positif bagi siswa. Mereka menjadi lebih peduli terhadap sesama, lebih bertanggung jawab, dan lebih memiliki motivasi untuk belajar.

Dengan adanya penekanan pada pendidikan karakter di Sekolah Padang, diharapkan bahwa siswa-siswa yang lulus dari sekolah ini dapat menjadi generasi yang unggul dan mampu bersaing di era globalisasi ini.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kurikulum Sekolah Padang yang menekankan pada pendidikan karakter merupakan langkah yang tepat dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia. Semoga pendidikan karakter terus menjadi fokus utama dalam proses pendidikan di sekolah-sekolah lain di Indonesia.

Referensi:
1.
2.
3.