Headlines

Mengenal Kurikulum Sekolah Palangka Raya: Memperkuat Pendidikan Karakter – Artikel ini menjelaskan tentang kurikulum yang digunakan oleh Sekolah Palangka Raya, dengan fokus pada pembentukan karakter siswa. Artikel ini juga membahas tentang metode pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah ini dan bagaimana hal tersebut memberikan dampak positif bagi siswa.


Mengenal Kurikulum Sekolah Palangka Raya: Memperkuat Pendidikan Karakter

Sekolah Palangka Raya merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang mengusung pendekatan pendidikan karakter dalam kurikulumnya. Pendekatan ini bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki karakter yang kuat, mandiri, dan memiliki nilai-nilai moral yang tinggi. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih lanjut tentang kurikulum yang digunakan oleh Sekolah Palangka Raya dan bagaimana hal ini memberikan dampak positif bagi siswa.

Pendidikan karakter merupakan pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa melalui pengembangan nilai-nilai moral, etika, dan kepribadian. Kurikulum Sekolah Palangka Raya memadukan pendidikan karakter dengan kurikulum nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan yang holistik dan menyeluruh bagi siswa.

Metode pembelajaran yang diterapkan oleh Sekolah Palangka Raya berfokus pada pembentukan karakter siswa melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, pengembangan sikap positif, dan penanaman nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode yang digunakan adalah pembelajaran inovatif yang menggabungkan teori dan praktek langsung. Metode ini memberikan siswa kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan mereka melalui pengalaman nyata.

Dalam kurikulum Sekolah Palangka Raya, pendidikan karakter tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Siswa diajarkan untuk menghargai keragaman, bekerja sama dalam tim, memiliki kemampuan berpikir kritis, dan memiliki sikap tanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Hal ini dilakukan melalui kegiatan seperti kegiatan lingkungan hidup, kegiatan sosial, dan kegiatan pengabdian masyarakat.

Dampak positif dari penerapan pendidikan karakter dalam kurikulum Sekolah Palangka Raya cukup signifikan. Siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga menjadi lebih mandiri, memiliki sikap positif, dan memiliki keterampilan sosial yang baik. Dalam jangka panjang, siswa yang telah melewati kurikulum ini diharapkan dapat menjadi individu yang bertanggung jawab, memiliki integritas yang tinggi, dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat.

Referensi:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kurikulum 2013. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2021, dari
2. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dalam era globalisasi yang serba cepat ini, penting bagi sekolah untuk tidak hanya fokus pada peningkatan akademik siswa, tetapi juga membentuk karakter yang kuat dan berintegritas. Kurikulum Sekolah Palangka Raya yang mengutamakan pendidikan karakter adalah langkah positif dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tuntutan masa depan. Dengan adanya fokus pada pembentukan karakter ini, diharapkan siswa akan menjadi individu yang memiliki nilai-nilai moral yang tinggi dan siap untuk berkontribusi positif bagi masyarakat.