Headlines

Pendahuluan:


Pendahuluan: Mengenal Lebih Dekat Istilah dan Fungsinya

Pendahuluan adalah bagian dari suatu tulisan yang berfungsi untuk memperkenalkan pembaca dengan topik yang akan dibahas dalam tulisan tersebut. Istilah “pendahuluan” sering digunakan dalam konteks penulisan artikel, makalah, laporan, atau buku. Dalam bahasa Indonesia, pendahuluan juga sering disebut sebagai pengantar.

Fungsi utama pendahuluan adalah memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dibahas. Biasanya, pendahuluan berisi informasi dasar yang relevan, seperti latar belakang, tujuan, dan kerangka berpikir tulisan. Melalui pendahuluan, pembaca akan mendapatkan pemahaman awal mengenai topik tersebut sebelum memasuki bagian inti tulisan.

Pendahuluan juga berperan dalam menarik minat pembaca. Dengan memberikan gambaran yang menarik dan relevan, pembaca akan merasa tertarik untuk melanjutkan membaca tulisan tersebut. Oleh karena itu, pendahuluan harus ditulis dengan gaya yang menarik dan ringkas, agar pembaca tidak merasa bosan atau kehilangan minat.

Selain itu, pendahuluan juga dapat berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan tujuan penulisan. Melalui pendahuluan, penulis dapat menjelaskan secara jelas apa yang ingin dicapai dengan tulisan tersebut. Hal ini akan membantu pembaca untuk memahami arah dan tujuan tulisan, sehingga mereka dapat mengikuti dengan baik.

Dalam penulisan pendahuluan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, penting untuk memberikan latar belakang yang cukup tentang topik yang akan dibahas. Latar belakang ini harus relevan dan dapat memperkuat argumen atau informasi yang akan disampaikan. Kedua, penulis harus menyusun pendahuluan secara sistematis dan teratur, sehingga pembaca mudah mengikuti alur pembahasan. Terakhir, penulis harus memperhatikan gaya penulisan dan bahasa yang digunakan agar pendahuluan terkesan menarik dan mudah dipahami.

Referensi:
1. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
2. Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
3. Rahayu, S., & Arifin, Z. (2019). Dasar-dasar Penulisan Artikel Jurnal. Malang: UMM Press.