Headlines

Sejarah Panjang Sekolah Padang dan Peranannya dalam Pendidikan di Sumatera Barat – Artikel ini membahas sejarah panjang Sekolah Padang, serta peranannya dalam mengembangkan pendidikan di Sumatera Barat. (Sumber: https://www.harianhaluan.com/news/detail/108621/sejarah-panjang-sekolah-padang-dan-peranannya-dalam-pendidikan-di-sumatera-barat)


Sejarah Panjang Sekolah Padang dan Peranannya dalam Pendidikan di Sumatera Barat

Sejarah panjang Sekolah Padang telah membuktikan peranannya yang penting dalam pengembangan pendidikan di Sumatera Barat. Sekolah ini telah menjadi salah satu institusi pendidikan yang paling berpengaruh dalam menyediakan pendidikan berkualitas bagi masyarakat setempat.

Sekolah Padang didirikan pada tahun 1907 dengan nama “Hollandsch-Inlandsche School” (HIS). Pada awalnya, sekolah ini hanya menerima siswa pribumi dengan tujuan untuk memberikan pendidikan dasar kepada mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, sekolah ini berkembang menjadi lembaga pendidikan yang menerima siswa dari berbagai latar belakang etnis.

Pada tahun 1931, nama sekolah ini diubah menjadi “MULO” (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) yang berarti pendidikan lanjutan atas. Dalam perkembangannya, MULO Padang menjadi salah satu sekolah menengah terbaik di Sumatera Barat. Sekolah ini mengutamakan pendidikan dalam bidang ilmu pengetahuan, bahasa, dan matematika.

Selanjutnya, pada tahun 1946, Sekolah Padang berubah nama lagi menjadi “HBS” (Hogere Burger School) yang berarti sekolah menengah atas. Dengan perubahan ini, kurikulum sekolah menjadi lebih berfokus pada ilmu pengetahuan dan persiapan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Pada tahun 1964, Sekolah Padang kembali mengalami perubahan nama menjadi “SMA” (Sekolah Menengah Atas). Perubahan ini mengikuti perkembangan sistem pendidikan nasional yang menggantikan HBS dengan SMA. SMA Padang terus berkontribusi dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Peranan Sekolah Padang dalam pengembangan pendidikan di Sumatera Barat sangatlah besar. Sekolah ini telah melahirkan banyak alumni yang sukses dan berkontribusi dalam berbagai bidang. Banyak alumni yang menjadi tokoh penting di bidang politik, akademik, bisnis, dan budaya.

Selain itu, Sekolah Padang juga berperan dalam memajukan dan melestarikan budaya Minangkabau. Melalui pendidikan yang diberikan, sekolah ini turut serta dalam menjaga dan mengembangkan kesenian tradisional serta mengajarkan nilai-nilai adat yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Referensi:
1. Harian Haluan. (2021). Sejarah Panjang Sekolah Padang dan Peranannya dalam Pendidikan di Sumatera Barat. Diakses pada 10 November 2021, dari
2. Yulianto, W., & Arief, S. (2018). Sejarah Pendidikan Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 1-10.